Pepsodent photo pepsodent.jpg

BIAYA MASUK FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI SEMAKIN MAHAL

Bila ditahun '70-an dengan uang puluhan ribu seseorang sudah bisa masuk ke FKG, kini diperlukan biaya belasan sampai ratusan juta rupiah. Untuk masuk FKG Universitas Indonesia, misalnya. Bila melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Masuk Bersama (UMB), atau Program Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), diperlukan biaya UP sebesar Rp. 25.000.000 dan DPP Rp. 600.000. Sedangkan bila masuk melalui jalur Kerjasama Daerah dan Industri (KSDI) dipatok biaya Rp. 300 juta. Di Universitas Gadjah Mada, aturannya lain lagi, seluruh mahasiswa FKG yang diterima, baik melalui SNMPTN, Ujian Tulis, PBOS, maupun PBUB Mandiri membayar uang masuk yang dinamakan Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA) antara Rp. 10 juta - Rp. 20 juta atau lebih, sesuai kemampuan orang tua. Bagi yang masuk melalui jalur PBUPD besarnya SPMA Rp. 75 juta, sedangkan jalur PBS sebesar Rp. 60 juta. Di Universitas Airlangga mahasiswa yang diterima di FKG melalui jalur umum harus membayar Sumbangan Peningkatan dan Pengambangan Pendidikan (SP 3) sebesar Rp. 50 juta. Tingginya biaya masuk FKG ternyata tidak hanya terjadi di universitas yang telah menjadi Badan Hukum Milik Negara (BHMN), seperti UI, UGM, dan Unair saja. Sebagai contoh adalah Universitas Padjadjaran, di luar jalur SNMPTN untuk masuk FKG di universitas ini dapat melalui Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) yang mematok biaya masuk Rp. 60 juta sedangkan untuk mahasiswa asing dapat melalui jalur Kelas Pengantar Bahasa Inggris (KPBI) yang biaya masuknya ribuan US$. Di perguruan tinggi swasta, biaya masuk FKG/PSKG ternyata tidak semuanya diatas biaya masuk perguruan tinngi negeri. Universitas Baiturahmah mematok Rp. 45 juta sebagai uang masuk FKG. Di PSKG Universitas Muham-madiyah Yogyakarta biaya masuk yang disebut shodaqoh jariyah besarnya Rp. 35,5 untuk gelombang I, Rp. 40,5 untuk gelombang 2, dan Rp. 45,5 untuk gelombang 3. FKG Universitas Trisaktii untuk biaya masuk mematok Rp. 70 juta untuk calon mahasiswa dengan hasil tes peringkat I, Rp. 80 juta untuk peringkat 2, dan Rp. 90 juta untuk perinkat 3. FKG Universitas Maranatha yang baru membuka PSKG membebankan Sumbangan Pembangunan Wajib sebesar Rp.70 juta. Sepertinya pendidikan dokter gigi semakin tidak akan terjangkau oleh mereka yang tidak berpunya. *Dentamedia No 3 Vol 12 Jul-Sep 2008. Naskah: Dhona Afriza. Foto: Dunialiliput

19 komentar:

Popipera Tutantri mengatakan...

berita yang memprihatinkan. Tingginya biaya sekolah ditambah dengan tingginya harga bahan dan alat kedokteran gigi bisa membuat tarif dokter gigi tak terjangkau masyarakat bawah. Hmmm...kalo begini terus...pemerintah dituntut untuk meningkatkan sarana dan prasarana kesgi di puskesmas, biar yang yang mampu ke praktek bisa tertangani dengan layak di puskesmas...

yah..mudah mudahan....aminnnn

drg.hilda mengatakan...

PTN harus tetap mendapat subsidi besar dari pemerintah Indonesia. Ini investasi. Lihatlah taktik Malaysia tahun 1970-an....coba buka mata! sampai kapan orang miskin ( yang pintar) dilarang kuliah?? mau jadi apa Indonesia kalah terus sama Malaysia dlm bidang kemajuan pendidikan?

alma mengatakan...

teman saya di FKG Unpad untuk biaya sumbangan 7 juta (uang POMA).. untuk SPP atau DPP di Unpad semua fakultas sama, yaitu 600 rb/smtr, yang membedakan hanya biaya praktikum. seingat saya untuk FKG 900.000 per semester.

Jumlah mahasiswa yang diterima melalui SPMB pada tahun 2007 pun jauh lebih banyak dari jalur SMUP.

menurut saya,supaya biaya masuk lebih ringan, siswa sma dituntut untuk giat belajar dan banyak berdoa supaya lulus seleksi nasional.

Anonimmengatakan...

Open your mouth,and say ahhh... hmmm bau busuk...!!! Untuk apa belajar bayar mahal2 cuma untuk nyium bau busuk? Macam kata bang Napi ; pikirkanlah,pikirkanlah...

Anonimmengatakan...

ya namanya sekolah ya pasti kudu bayar...
kaga ada yang gratisan...
mahal ato murah relatif...
tapi yang pasti kudu tetep ada sekolah murah...
ga usah mimpi dulu sekolah gratis...
kalo kata gw sih kita blum mampu...
tapi kita harus berusaha buat bikin sekolah gratis ada buat yang butuh..
tul ga...

Anonimmengatakan...

ada yang tau biaya kuliah spesialis KG di indonesia?.
bantuannya ya...
thx

Anonimmengatakan...

Alaaahh....
wajar aja kok,di FKG tempat aku kuliah malah lebih mahal,padahal daerah perifer..

rina mengatakan...

yah gak heran juga siy, sekarang masuk TK saja butuh biaya 8 juta... jaman saya masuk TK paling cuma 100 rb??

rina mengatakan...

Untuk sp KG UI biaya masuk 50 juta, per semester sekitar 10 jt-an

Herman mengatakan...

memprihatinkan dunia pendidikan kita...sangat mahal...apa hanya org2 kaya saja yg berhak kuliah tinggi..?? bagaimana dgn masyarakat bawah..? bagaimana jika masy bawah berobat, jikalau kuliah dokternya mahal, pasti kelak tarifnya juga akan tinggi...?

Anonimmengatakan...

sperti yang kita ketahui sendiri,, perbandingan antara jumlah penduduk dan dokter gigi bisa mencapai 1:24000
coba,,, seharusnya itu bisa membuat para PTN atau PTS berpikir lgi untuk menaikkan biaya kuliah kedokteran gigi ini,, tujuan kita belajar disini kan untuk memajukan negara sendiri, bukan untuk menghamburkan uang semata, apa salahnya sih PTN atau PTS memberi subsidi untuk orang2 menengah ke bawah,, supaya di Indonesia mempunyai dokter gigi yang berkualitas

Anonimmengatakan...

Alhamdulillah saya di fkg usu tidak semahal fkg lain, spp 500rb/semester, biaya yg pertama kali (saya lupa apa namanya) 900rban kalo gak salah dan itu hanya satu kali,sumbangan pom 1.250.000 satu kali saja. tapi yg bikin mahal ya beli alat2 utk praktikum&koas dan buku2 dan biaya tetek bengek lainnya (seperti biaya utk pasien dll)

sanderwong mengatakan...

saya berencana sekolahkan anak ke kedokteran gigi, bagus juga tulisan anda, lain kali kasih data yang lebih detail ya.

Octavina Artha Sitorus mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
cinderellaspalace mengatakan...

permisi, mau tanya. biaya masuk FKG USU dan FKG UNPAD jalur SNMPTN-Tertulis 2011 brapa yak? Uang semester nya brpa? kalo di tambah biaya ini itu (alat, buku,dll), kira kira total biaya per semseter brpa? Trmksh.

Reza ardiansyah mengatakan...

Is very expensive now days I don't think so my son can study medical now.

Reza ardiansyah mengatakan...

Can you replay me how much all total the cost for that study may i know pls

Maria Pasaribu mengatakan...

Numpang tanya kalau jalur UMB utk FKG usu kira2 uang kuliahnya brapa ya!!!tolong dibantu ya

Lua Cheia mengatakan...

Tahun ini saya lu2s SMA. Ingin kuliah di FK atau FKG USU tetapi tdk ada biaya... Apa org tdk mampu tdk bleh punya cita2 yg tinggi?

 
Hak cipta copyright © 1997-2014 Dentamedia, isi dapat dikutip dengan menyebutkan sumbernya
© free template by Blogspot tutorial